Wednesday, 7 August 2013

Warna

Pemelihan warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respons pembaca. Warna adalah hal pertama yang dilihat oleh seorang pembaca (terutama warna background). Untuk mencapai desain warna yang efektif dapat dimulai dengan memilih warna yang efektif dapat dimulai dengan memilih warna yang bisa mempresentasikan tujuan sebuah publikasi. Palet warna yang dibuat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan publikasi. Terdapat kolerasi umum secara psikologis antara warna dan orang, seperti tampak pada tabel berikut.
Tabel Warna dan Respon Psikologis

Contoh penerapan warna dapat dilihat pada beberapa bank di Indonesia (BCA, Mandiri, BRI) yang menggunakan warna biru untuk memberikan kesan kepercayaan.
Warna tidak hanya harus sesuai denga isi publikasi, tetapi juga harus sesuai budaya pembacanya. beberapa penelitian menunjukan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda adalah berbeda. misalnya warna oranye, secara universal, akan merepresentasikan produk yang tidak mahal dan dan perayaan Helloween. Di Amerika, warna biru tua merepresentasikan kepercayaan (trust), tetapi di Korea kepercayaan lebih direpretasikan oleh warna-warna pastel, terutama pink.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *